tips membuat akun facebook lebih aman

Tuesday, October 4, 2016

tips membuat akun facebook lebih aman

tips meningkatkan keamanan akun facebook 




seperti yang kita tahu,bahwa jejaring social paling ramai saat ini adalah facebook.
namun teryata tindak kejahatan cyber crime terus saja meningkat dari tahun ke tahun yang semakin merugikan pemilik akun.
oleh sebab itu,selaku pemilik akun seharunya lebih memperhatikan keamanan akun.
karna bukan tidak mungkin akun yang saat ini kita miliki menjadi incaran kejahatan dunia maya.

mungkin saja kita berpikir,buat apa mereka mau meretas akun milik kita,apa yang mau di cari.
tapi siapa yang tahu,bisa jadi mereka yang melakukan tindak kejahatan hanya sekedar iseng meretas akun kita yang menimbulkan dampak negative.
lebih baik mencegah daripada mengobati.

dan pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara membuat akun khususnya akun facebook menjadi lebih aman.
tetapi bukan tidak mungkin akun yang sudah di beri keamanan bebas dari peretasan,karna tidak ada system yang tidak memiliki bug tetapi minimal untuk meningkatkan keamanan agar lebih mempersulit seseorang yang akan melakukan kejahatan terhadap akun kita.

berikut tips untuk meningkatkan keamanan akun facebook.



1.membuat password dengan kombinasi huruf dan angka dan buatah password yang tidak terlalu singkat.
tetapi dalam kasus ini masih sangat banyak sekali pengguna yang menyepelekan password,padahal password sangat penting untuk sebuah akun.
alasan yang sering di temui karna takut kelupaan karena menggunakan kombinasi huruf dan angka.

2.lebih berhati-hati saat browsing di warnet atau komuter yang bukan milik kita,karna bukan tidak mungkin ada beberapa warnet yang jahil memasang sebuah software untuk memonitor komputer yang sedang kita pakai contohnya seperti software keylogger.
nah tips dari saya,setelah anda sudah tidak lagi browsing di warnet atau sudah logout dari komputer warnet ataupun yang bukan komputer milik anda,segera mungkin mengganti kata sandi anda bisa menggunakan ponsel anda atau pun komputer anda,intinya segera mengganti kata sandi anda.

3.hindari situs yang meminta anda login facebook melalui situs yang bukan beralamat facebook.com.
situs tersebut bisa di namakan phising,yaitu situs yang bisa saja menyerupai situs aslinya dan bisa juga dengan modus lain yang menyuruh anda untuk login melalui situs tersebut intinya lihat pada url jika bukan facebook.com bisa dipastikan bahwa situs tersebut adalah phising.

berikut contoh yang saya buat

tampilan header


contoh phising fb


tampilan footer
contoh phising fb


4.nah cara ini melalui fitur yang di sediakan pihak facebook sendiri,yaitu dengan menyalakan persetujuan masuk.
cara kerjanya yaitu jika ada seseorang yang mengakses akun anda dan perangkat yang di gunakan untuk mengakses belum pernah untuk mengakses akun anda,maka akan ada pemberitahuan yang di kirimkan melalui sms yang memberi tahu bahwa ada seseorang yang hendak mengakses akun anda saat itu,nah segeralah anda mengganti kata sandi anda.

caranya pun cukup mudah,
pergi ke pengaturan > keamanan >klik sunting pada pilihan persetujuan masuk ke facebook
dan centang kotak kecil pilihan "Kode masuk diperlukan untuk mengakses akun saya dari browser yang tidak dikenali" maka akan muncul pop up dan klik memulai 
setelah itu akan muncul lagi pop up dan plihlah type ponsel anda dan klik lanjutkan 

lalutunggu lah beberapa saat sampai ada notif sms dari facebook yang berisi sebuah kode 6 digit.
dan jika sudah mendapatkan sms segera isikan kode tersebut kedalam kotak kodenya yang sudah di sediakan dan klik lanjutkan setelah itu anda tinggal memilih untuk langsung meminta kode atau tidak,lalu klik tutup. proses ini sudah selesai

untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah yang sudah saya urutkan
cara mengamankan akun fb


cara mengamankan akun fb

cara mengamankan akun fb


cara mengamankan akun fb
5.dengan menggunakan kontak terpercaya,cara kerjanya yaitu jika sewaktu-waktu anda kesulitan mengakses akun anda maka anda dapat meminta bantuan kepada kontak terpercaya yang akan di kirimi kode untuk mengakses akun anda.

caranya yaitu, buka pengaturan>keamanan>kontak terpercaya anda. lalu akan muncul pop up dan klik pilih kontak terpercaya.
setelah itu akan muncul pop up yang mengharuskan anda untuk memilih siapa saja yang akan anda tambahkan sebagai kontak terpercaya.setelah itu klik konfirmasi. dan proses sudah selesai.


nah itulah beberapa tips dari saya mengenai tips membuat akun facebook lebih aman.

mohon maaf apabila banyak ketidakjelasan pada artikel dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment